Thursday 10 July 2014

Efek samping bawang putih

Manfaat bawang putih bagi kesehatan telah digunakan pada sejumlah praktek pengobatan tradisional. Bawang putih yang digunakan sebagai salah satu bumbu kuliner terpenting, mempunyai banyak manfaat kesehatan. Berikut di bawah ini adalah informasi lebih lanjut tentang manfaat bawang putih untuk kesehatan.
Mengkonsumsi bawang putih sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, hal ini telah digunakan selama lebih dari 500 tahun hingga sekarang. Selain populer untuk digunakan sebagai bumbu dalam banyak masakan kuliner, ada pula orang yang menikmati dengan memakan beberapa siung bawang putih mentah, tanpa mengkhawatirkan bau nafas mereka. Hal ini dapat dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau bentuk minyak. Nutrisi dan berbagai sifat obat herbal bawang putih adalah apa yang membuatnya begitu bermanfaat.

Efek samping bawang putih

Meskipun bawang putih memiliki sifat antioksidan yang sangat baik, mengkonsumsi bawang putih mentah tentu tidak dianjurkan. Seperti yang digunakan untuk membumbui masakan, makan bawang putih mentah dapat memicu rasa panas di mulut. Ketika bawang putih dikunyah atau dihancurkan, menghasilkan senyawa kimia allicin, menyebabkan rasa terbakar di mulut. Untuk menghindari ini, adalah lebih baik untuk menelannya langsung tanpa dikunyah atau juga mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen. Meskipun begitu, terlalu banyak bawang putih juga dapat menyebabkan bau keringat yang menyengat dengan aroma khas bawang putih.
Seseorang yang mempunyai alergi terhadap bawang putih berarti orang tersebut harus menjauhinya. Hal ini karena memakannya bahkan dalam jumlah kecil dapat memicu reaksi alergi yang parah. Tanda-tanda alergi bawang putih dapat meliputi di bawah ini:
~Ruam kulit
Ruam kulit dapat terjadi di mana saja pada tubuh yang dapat menyebabkan gatal-gatal yang amat sangat. Bawang putih juga dapat menyebabkan kulit kemerahan.
~Peradangan
Pembengkakan dapat terjadi di sekitar mulut dan wajah. Pada beberapa kasus, lidah dan bibir menjadi bengkak.
~Gangguan pernafasan
Mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk murni atau melalui suplemen dapat menyebabkan seseorang mengalami kesulitan bernafas, jika orang tersebut alergi terhadap bawang putih. Sesak napas atau kesulitan bernapas adalah gejala dari alergi.
Mengkonsumsi bawang putih berlebihan juga dapat merusak saluran pencernaan. Iritasi lambung merupakan salah satu efek samping yang terkait dengan bawang putih. Terlalu banyak bawang putih dapat mengarah pada masalah kesehatan seperti diare dan muntaber.
Beberapa orang yang sangat sensitif terhadap bawang putih dapat menyebabkan beberapa efek samping yang parah. Masalah kesehatan ini tidak bisa dianggap enteng dan menuntut perhatian medis dengan segera. Hal ini dapat meliputi pendarahan internal pada pencernaan dan otak, serta penurunan kualitas penglihatan.
Pada banyak kasus, efek samping bawang putih tidak begitu menjadi perhatian dan dapat lenyap tanpa pengobatan apapun. Hal ini dapat diatasi dengan mengurangi asupan bawang putih dan menghindari makan makanan yang mengandung bawang putih untuk mencegah terjadinya efek samping.

No comments:

Post a Comment