Saturday 5 July 2014

Analisis


1.    Jenis dan Nama Produk serta Karakteristik Produk
Jenis usaha yang kami kembangkan adalah jenis usaha dalam bidang agrobisnis dengan nama produk yang akan kami kembangkan adalah tangkue. Tangkue adalah makanan berupa manisan kering yang terbuat dari buah bligo. Banyak orang yang belum tahu apa manfaat dari buah bligo. Namun, kami akan berusaha mengolah buah bligo tersebut menjadi makanan yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Buah Bligo sering ditemukan di pedesaan khususnya di Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar dan buah itu jarang digunakan maupun dikonsumsi oleh masyarakat setempat.
Buah bligo adalah salah satu tanaman semak yang masih dikategorikan keluarga buah labu dengan nama latin Benincasa Hispisa. Buah bligo memiliki bentuk lonjong dan bulat berwarna hijau agak tua dan memiliki tekstur kulit yang keras tetapi memiliki daging berwarna putih bertekstur renyah. Pohon dari buah bligo sifatnya merambat dan mampu tumbuh tinggi mencapai dua meter.
Manfaat buah bligo sangat banyak dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat buah bligo yang bisa kita dapatkan :
a.    Mampu menguatkan ginjal, 
b.    Melancarkan kandung kemih, 
c.    Menyembuhkan radang ginjal,
d.    Biji dari buah bligo dapat mengobati batuk.
Buah bligo juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yaitu sebagai berikut :
a.    Protein
b.    Karbohidrat
c.    Serat
d.    Vitamin (B1, B2, dan C)
e.    Asam nikotinat
f.      Alkalin
g.    Cucurbitin
h.    Asam resin
i.      Vitelin


2.    Keunggulan Produk Dibandingkan dengan Produk Lain di Pasaran
Tangkue memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan produk lain. Pertama, tangkue sangat berbeda dengan manisan–manisan buah lainnya dan masih jarang dijumpai. Kedua, bahan baku mudah didapat dan harganya relatif sangat murah. Ketiga, manisan ini menyehatkan dan kaya akan nutrisi yang terkandung seperti  protein, karbohidrat, serat, vitamin (B1, B2, dan C), asam nikotinat, alkalin, cucurbitin, asam resin dan vitelin. Keempat, produk-produk lain yang umumnya berupa manisan basah hanya bertahan kurang lebih satu atau dua hari tetapi manisan kering tangkue dapat bertahan hingga satu bulan. Produk ini sangat dibutuhkan toko–toko bahan pembuat kue serta pabrik–pabrik pembuatan roti.

No comments:

Post a Comment